Senin, 11 Maret 2013

Tips Perawatan Burung Pleci

Salam hangat kicau mania, dibawah ini saya akan membagikan tips perawatan burung pleci yang sedang menggelora dan menjadi primadona di Indonesia khususnya.
Cara merawat burung yang satu ini memang gampang-gampang susah, tetapi apabila kita perhatikan karakter burung yang satu ini dan juga karakter suaranya yang tipis,lantang,tajam,dan indah di dengar tentu akan membuat kita penasaran untuk merawatnya. Perawatan pleci untuk turun di arena lomba maupun untuk burung rumahan pada dasarnya sama saja, hanya saja cara kita yang memperlakukan si pleci sedikit berbeda.  
Dibawah ini tips perawatan burung pleci untuk rumahan maupun untuk turun di arena lomba. 

Perawatan pleci untuk arena lomba :
  • Perhatikan selalu pakan dan minum serta ekstra fooding untuk si pleci agar si pleci tidak overweight (gendut). Beri pakan terbaik untuk si pleci agar pleci merasa diperlakukan istimewa, seperti racikan voer halus + tepung jangkrik,kroto pada pagi hari setelah mandi dan di jemur lalu pada sore hari sebelum si pleci dikerodong dan juga buah-buah'an serta madu.
  • Kerodong pleci setelah di jemur pada pagi hari maupun sore hari dan di beri makan, agar si pleci bisa beristirahat .
  • Perhatikan juga posisi letak dari pleci, beri jarak dalam meletakkan pleci agar tidak terlalu dekat (rendeng) dengan burung yang superior maupun yang sudah gacor . Agar pleci tidak down mentalnya pada saat merecord suara burung lain, dan kalau bisa letakkan pleci dekat kamar mandi agar si pleci bisa sekaligus mendengarkan suara terapi air .
  • Untuk mandi dan penjemuran biasakan pleci diangin-anginkan terlebih dahulu sebelum mandi dan di jemur pada pagi maupun sore hari. Jemur pleci pada saat cuaca cerah mulai jam 08.00 s/d 10.00 siang, lalu pada sore hari pada jam 15.30 s/d  16.30 sore. Usahakan pada saat menjemur dekatkan pleci dengan burung yang seimbang seperti burung ciblek,gelatik,kenari,blackthroat dll. Apabila cuaca mendung pada pagi hari maupun sore hari letakkan wadah air untuk mandi si pleci agar si pleci mandi dengan sendirinya .
  • Untuk mastering pleci lakukan pada siang hari setelah pleci istirahat jemur pagi pada jam 11.00 s/d 14.00 siang dan pada malam hari pada jam 22.00 malam s/d 05.00 pagi.
 
  • Sering-sering si pleci di dekatkan (di track) dengan pleci yang lainnya agar mental si pleci terlatih, apabila hanya memelihara satu pleci di dalam satu rumah numpang dengan tetangga mungkin tetangga anda punya pleci juga.
  • Dan yang terakhir selalu perhatikan kebersihan kandang si pleci agar si pleci tidak terserang penyakit dan juga kutu.

Untuk tips perawatan pleci rumahan sebagian besar sama dengan perawatan pleci untuk arena lomba, hanya saja cara kita memperlakukan pleci rumahan dengan pleci untuk arena lomba sedikit berbeda. Terutama cara meletakkan si pleci di gantangan rumah, letakkan si pleci berjauhan agar si pleci bisa saling calling (bersahut-sahut'an) dengan pleci lainnya.

Sekian saja tips perawatan burung pleci dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk semua penggemar burung pleci (Pleci Mania) dan juga kicau mania semuanya. Semoga pleci anda di rumah tambah top dan jossh dalam melaksanakan tugasnya..
Ditunggu kritik dan sarannya supaya bisa saling sharing sesama kicau mania..

Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar